KABUT CIKURAY

by - 5/02/2016 04:36:00 PM


Ini sebenernya pengalaman pertama gua mendaki gunung. Awalnya gua juga gak tau apa itu pecinta alam, mendaki gunung, dan kenapa banyak orang yang suka sama kegiatan itu. karena penasaran gua jadi kepengen ngerasain rasanya ngedaki gunung, kebetulan temen sekelas gua nizar sama mega ngajak gua untuk ngedaki gunung cikuray berangkat tanggal 24 April. Tanpa mikir banyak gua langsung mau sama ajakan mereka.

Gunung cikuray itu gunung tertinggi keempat di Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl yang identik dengan kerucut raksasanya.

Persiapan pendakian pertama kalinya ini gak banyak, cuma lari sore tiga putaran hehehe.. u
Untung nizar udah pernah kesana dan pastinya udah tau trek disana dan perlengkapan logistik apa aja yang harus dibawa.

Perjalanan dimulai jam sembilan malem berangkat dari terminal bis Jakarta ke garut kurang lebih empat jam, sampe disana sekitar jam setengah dua pagi, keadaan pada saat itu sepi, gak ada pendaki selain kita bertiga, mungkin bukan musimnya mendaki. Kita turun bis langsung disambut sama abang ojek dan supir pick up.

Menurut informasi yang didapet untuk bisa sampe ke stasiun pemancar alternative terbaik harus naik mobil pick up. disitu ternyata ada satu orang pendaki kira2 seumuran sama kita namanya iyan lagi nunggu barengan pendaki lain, karena dikira gak ada lagi pendaki akhirnya kita gabung sama dia naik mobil pickup yang menempuh waktu dua jam untuk sampe ke stasiun pemancar. Kebetulan dia juga nanjak sendirian. 

Sepanjang jalan gua ngerasain angin sepoi-sepoi khas daerah pegunungan tanpa polusi ditemenin sama bulan purnama yang disampingnya ada satu bintang, ngikutin kemana arah mobil pickup ini hahaha

Ditengah perjalanan menuju stasiun pemancar tepatnya dipos perkebunan untuk mengisi daftar tamu. disitu kita ketemu satu pendaki sendiri dan pada daftar tamu yang mendaki hari itu cuma ada lima orang, gua, nizar, mega, ditambah iyan sama satu orang pendaki lain namanya om tomo yang akhirnya jadi satu tim. Keadaan jalan untuk menuju stasiun pemancar tersusun dari bebatuan dengan ukuran hanya untuk satu mobil. Perjalanan memakan waktu kurang lebih satu setengah jam.

Stasiun pemancar itu tempat awal pendakian untuk menuju ke puncak cikuray. karena gak mau ambil resiko banyak kita memutuskan untuk melakukan pendakian pada pagi hari,sambil nunggu pagi disitu kita manfaatkan untuk istirahat dan isi perbekalan. 

Jam tujuh pagi kita mulai pendakian lewat kebun teh yang hijau dengan pegunungan yang terlihat jelas, dari sana juga kita bisa liat bentuk pegunungan yang bakal didaki sampe ke puncak Gunung Cikuray itupun kalo cuaca cerah gak ada kabut.

Pos satu dicapai dari stasiun pemancar sekitar sejam dengan trek gersang dan berdebu. lanjut lagi kepos dua yang jaraknya lumayan jauh. Perjalanan kepos tiga, empat, dan lima medannya makin curam dan sempit. Karena rombongan gua jalannya agak lelet, jadi ketinggal jauh dari iyan sama om tomo.

Ohiya digunung harus bener-bener fokus, karena kalo pikiran gak fokus sedikit aja badan langsung berasa gak seimbang bawaannya kepengen jatoh terus. Dipos enam atau sering disebut puncak bayangan, disini ada lahan yang cukup luas untuk sekedar istirahat atau ngecamp.

Ada kejadian freak nih ditengah perjalanan dari pos enam ke puncak, karena udah capek ditambah betis semuanya kram gua merasa udah gak kuat buat ngelanjutin perjalanan, tapi sialnya disitu ada babi hutan mau gak mau yang tadinya capek, puyeng, pucet, kaki kram semuanya ilang, langsung ngacir buru-buru naik kepuncak. akhirnya gua sampe dipuncak dengan selamat wkwkwk. Ditempat ini juga kita ketemu lagi sama om tomo, dia yang ngusir babi hutannya. Hebatnya abis dari puncak diajak ngecamp sehari dia gamau langsung turun lagi. Entah apa yang ada dipikiran orang seperti itu. tapi salut!! 

Sampe diatas puncak jam tiga sore, udah ada empat tenda sama satu rombongan yang ngecampnya didalem shelter. Udaranya bener-bener dingin, semaleman gua gabisa tidur, nungguin jam pengennya cepet-cepet pagi. Sunset sama sunrisenya gua gak dapet karena ketutup kabut. 

Turun gunung bareng sama rombongan yang tadi ngecamp dishelter ada sembilan orang kalo gak salah, pas turun juga ketutup kabut kalo gak safety bisa2 keisep kabut kayak difilm-film WAKAKAK...

Regards,
Agung Ramanto

You May Also Like

0 komentar