MAGANG BAKTI BCA

by - 6/21/2017 07:13:00 PM


Saya mau cerita nih tentang pengalaman ikut magang bakti bca. Ada yang belum tahu apa itu magang bakti bca? Jadi yang dimaksud magang bakti itu Bank BCA membuka program pelatihan khusus untuk lulusan SMK/D3/S1 yang nantinya ditugasin jadi teller/customer service dengan jangka waktu 1 tahun.

Untuk bisa lolos magang bakti ini cukup ketat waktu itu peserta test kurang lebih 200 orang, ada 2 interview dan 3 test, totalnya 5 tahap dan setiap tahapnya sistem gugur. Semua tahapan itu dilakukan seharian dari pagi sampai sore. Peserta yang diterima cuma 9 orang tadinya ada 10 tapi pas agak sore 1 orang tiba-tiba gugur. Saya juga gak nyangka bisa lolos sampai tahap akhir. Benar-benar bersyukur.

Setelah lolos test sampai medical checkup semua peserta yang lolos ikut training di BCA Learning Institute atau disingkat BLI yang ada di Sentul, gedungnya gede warna biru, bagus bersih. Disini kita dapat pembekalan sebelum nantinya ditempatin dicabang masing-masing. Untuk bisa sampai disana disediakan shuttle bus dibeberapa titik, saya milih shuttle bus dikelapa gading, ohiya hari pertama waktu training itu juga bertepatan sama hari ulang tahun saya yang ke-19. Oke ini gak penting.
Selain dapat pembekalan, di BLI ini kita juga dapat coffe break setiap jam 9 pagi sama jam 3 sore. Makan siang juga dapat, yang makanannya bebas pilih dan bebas mau seberapa banyak hahahaha....

Saya ditempatin di cabang BCA KCU Matraman ditugaskan dibagian teller, nanti diakhir masa bakti kita dapet beasiswa dan sertifikat. Jumlah beasiswanya lumayan banyak. Selain beasiswa diakhir tahun, setiap bulan kita juga dapat uang saku yang juga lumayan banyak. Pokoknya cukuplah untuk jajan se-supermarket hehehe...

Disini kita belajar banyak tentang dunia perbankan, sangat bermanfaat pastinya, dimulai dari setoran nasabah, tarikan dana, pemindahan giro dan cek, pencairan deposito, valas, dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu juga tapi kemampuan soft skill kita juga diasah, dari yang awalnya kaku bisa sampe akhirnya luwes.

Dari pengalaman pribadi, saya ini orang yang agak canggung kalau untuk pertama kali ketemu sama orang lain, bingung mau ajak ngomong apa, tapi disini saya diajarkan jadi lebih percaya diri, bagaimana memulai komunikasi dengan orang lain, bersopan santun dalam tutur kata, dan menjalin kedekatan dengan nasabah.

Sebenarnya masih banyak cerita tapi nanti dilanjut post selanjutnya yaa.

Salam sukses!
Agung Ramanto

You May Also Like

7 komentar

  1. Khusus Mahasiswi BCA Training Centre/ BLI di Sentul city yang sedang mencari tempat kost yang aman, nyaman dan bersih dapat menghubungi saya di 081319667214, lokasi hanya 5 menit jalan kaki ke lokasi kuliah, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Klo mau resign waktu di tengah2 ttaining, apa bakal kena penalti?

    ReplyDelete
  3. Klo mau resign waktu di tengah2 ttaining, apa bakal kena penalti?

    ReplyDelete
  4. Hai kak mau nanya. Kakak pernah nombok ga ya? Kebetulan saya jg ditempatin sbg teller. Trs kalau saya resign saat sdh mulai magang (bKn training/ojt) kena penalti ga ka?

    ReplyDelete