EDUKASI BERMANFAAT UNTUK BANGSA HEBAT

by - 3/04/2018 11:26:00 AM


Belajar, apa ya definisi yang tepat untuk kata belajar? Belajar bisa diartikan sebagai membaca buku, mengerjakan tugas rumah, dan mendengarkan guru menjelaskan di sekolah.

Lebih dari itu belajar memiliki definisi dan makna yang sangat luas. Bukan hanya ketika kita ada di jenjang pendidikan saja belajar diterapkan. Namun dari segala aspek kehidupan, mulai dari kita lahir sampai beranjak dewasa dan tua semua membutuhkan belajar. Ketika kecil kita dituntut belajar jalan, berbicara, makan, dan masih banyak lagi. Ketika sudah dewasa konteks belajar semakin luas, belajar tentang kehidupan, bersosialisasi, dan melihat sudut pandang lingkungan sekitar.

Manusia membutuhkan belajar. Manusia juga membutuhkan edukasi. Apa sebenarnya perbedaan belajar dan edukasi? Menurut saya, sama. Hanya kosa katanya saja yang berbeda namun makna dan artinya tetap sama. Kalau ditanya jadi sebenarnya apa makna belajar atau edukasi? Jawaban saya cukup singkat yaitu, memahami. Ketika kita paham akan suatu hal berarti kita sedang mempelajari hal tersebut. Sebagai contoh, ketika kita paham tentang rumus matematika secara tidak langsung kita sudah berupaya untuk mempelajari rumus matematika tersebut.

Berbicara tentang edukasi, manusia selalu melekat dengan edukasi, apapun yang dilakukan harus dengan edukasi begitu juga dengan bangsa ini. Jika ingin menjadi bangsa yang maju dan besar juga harus terdapat edukasi yang positif serta berguna di dalamnya, terutama untuk para generasi penerus bangsa ini, karena mereka-lah yang nantinya akan mengganti posisi-posisi penting bangsa ini. Mereka juga yang akan mengangkat derajat bangsa ini melalui edukasi yang bermanfaat.

Edukasi yang bermanfaat salah satunya adalah edukasi bahasa. Mempelajari suatu bahasa negara lain berarti mempelajari juga budaya yang ada di negara tersebut. Karena dunia ini memiliki beragam bangsa dan negara serta budaya dan bahasanya.

Jadi menurut saya, para penerus bangsa ini wajib dituntut untuk mempelajari bahasa bangsa lain, apalagi sekarang sudah banyak negara di luar sana yang bebas berekonomi (perdagangan bebas) di negara Indonesia. Berarti kita juga harus siap untuk lebih maju ditengah gempuran bangsa lain, selain itu juga harus lebih pandai dan juga kreatif.

Karena ketika kita mempelajari bahasa dan budaya bangsa lain setidaknya kita mengenal dan bisa dijadikan suatu pertimbangan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan bangsa tersebut.

Sudah banyak beragam edukasi yang ada di negara ini, salah satunya adalah EduCenter yang mempunyai slogan sangat bagus yaitu "One Stop Education of Excellence". Konsep Edu Center itu sendiri adalah sebagai pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia yang berlokasi di BSD City. Beragam edukasi yang terdapat disana mulai dari bahasa inggris, bahasa mandiri, balet, memasak, matematika, dan masih banyak lagi edukasi bermanfaat yang ada di #EduCenter. Semoga dengan adanya Edu Center ini warga Indonesia bisa lebih kreatif dan berkembang lebih baik lagi.

Bangsa yang maju adalah bangsa yang didalamnya terdapat edukasi yang baik untuk para penerus generasinya. Jadi mari kita berikan edukasi yang positif dan bermanfaat agar kelak bangsa ini menjadi bangsa yang hebat di mata dunia.


Best Regards,
Agung Ramanto


*sumber garmbar:  http://educenter.id

You May Also Like

4 komentar

  1. Iya benar sekali, belajar itu memiliki makna yang sangat luas.

    ReplyDelete
  2. Bener Mas Agung, dengan edukasi yang bagus, bangsa ini akan lebih maju.

    ReplyDelete