CARA SEDERHANA MELAWAN HOAX

by - 8/29/2018 04:39:00 PM


Sekarang zamannya sudah canggih, mau ini itu semua dengan mudah diakses, lapar tinggal pesan makanan via ojek online, mau mencari referensi untuk pembuatan skripsipun juga sudah banyak digoogle, untuk mencari berita-berita lokal maupun dunia juga sangat mudah ditemukan. Semua itu berkat adanya internet segala sesuatu jadi lebih mudah.

Setiap hal punya sisi positif dan negatif, begitu juga dengan adanya internet, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari adanya internet seperti yang saya sebutkan diatas namun tidak sedikit juga hal negatif karena adanya internet. Salah satu hal negatif dari adanya internet adalah konten HOAX atau berita palsu sering disebut berita ngarang. Banyak sekali sekarang beredar konten hoax, mereka dengan mudahnya mempublikasikan suatu berita tanpa adanya klarifikasi terlebih dahulu terhadap pihak yang bersangkutan.

Biasanya berita hoax itu lebih mengarah kepada orang-orang penting seperti artis, pejabat, ataupun oengusaha besar tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk kita sebagai orang biasa. Mungkin kita menanggapi hoax ini biasa saja ketika itu menimpa orang lain. Bagaimana kalau konten hoax itu menimpa pada diri sendiri atau keluarga kita?

Saya yakin kalian pasti ada rasa geram dan jengkel dengan konten hoax tersebut, dan itu sangat wajar, dibenak kalian pasti bertanya kenapa yaa mereka asal menyebar bertia tersebut tanpa adanya klarifikasi atau bertanya terlebih dahulu kepada saya apa yang sebenarnya terjadi.

Selain itu konten hoax juga sering mengacu pada berita tentang bencana, contohnya tiba-tiba muncul berita waspada akan terjadi gempa besar disuatu daerah (didalam berita tersebut biasanya terdapat lampiran sumber palsu dari pihak yang berwenang). Setelah dikonfirmasi kepada pihak berwenang tersebut ternyata mereka tidak pernah mengeluarkan berita seperti itu.

Lalu, bagaimana yaa sikap yang tepat untuk menanggapi hoax yang ada?

Dari saya pribadi, saya ini tipe orang yang suka baca suatu berita yang sama topiknya dari banyak sumber bukan hanya satu sumber saja. Misal ada berita kasus korupsi sayapun tidak langsung mempercayai satu sumber, harus cari sumber yang lain lalu saya rangkum dan saya pahami, jika memang rata-rata dari semua sumber itu mengatakan hal yang kurang lebih sama berarti dipastikan itu bukan berita hoax.

Sebenarnya mudah saja untuk menilai mana berita hoax atau bukan, cukup mengumpulkan beberapa data dan sumber yang ada, jangan terpikat pada satu sumber.

Dan selanjutnya, kalau memang kita merasa berita tersebut kurang faktual, biasanya berita dengan konten hoax itu mulai dari kalimat sampai penyampainnya agak sedikit aneh dan kurang masuk akal, apalagi konten tersebut tidak mencantumkan sumber yang spesifik lebih baik langsung kita lewati saja, dan jangan disebar lagi yaa. Kebiasaan orang awam seperti kita heboh duluan, dapet broadcast berita yang belum jelas langsung asal sebar.

Kesimpulannya, sebenarnya mudah saja cara kita menanggapai hoax, semua ada pada diri kita sendiri bagaimana memilih dan menyaring suatu informasi yang ada. Lebih tepatnya jangan mudah terpancing dengan konten yang belum jelas sumbernya.

Banyak kok sumber yang memang benar-benar menghindari hoax, mereka terlebih dahulu mencari sumber yang jelas baru mempublikasikannya salah satunya kalian bisa kunjungi C2live yang berisi banyak konten positif dan pastinya bukan hoax. C2live juga mengadakan lomba lomba menulis artikel tentang bagaimana menyikapi konten hoax yang ada, untuk kalian yang ingin berpartisipasi bisa langsung klik disini yaa.


Best Regards,
Agung Ramanto


*sumber ilustrasi (poskonews.com)

You May Also Like

1 komentar

  1. ya betul jangan terlalu percaya dengan satu sumber. saya setuju

    ReplyDelete